Senin, 09 Mei 2011

TUGAS SOFTSKIL PEMBANGUNAN TRANS STUDIO DAN HOTEL DI DI KOMPLEK BSM

Beberapa bulan yang lalu orang tua saya mendapat tawaran untuk jasa catering/semacam rumah makan di salah satu daerah di Bandung.Ternyata orang tua saya dikontrak untuk menyediakan makanan untuk para pegawai yang bekerja di pembangunan Trans Studio dan Hotel di Bandung.Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan kesempatan pergi ke Bandung untuk mengunjungi orang tua saya.Dari situ saya mendapat informasi ternyata setelah sukses dengan Trans Studio Makassar, Trans Corp kini kembali membangun mega kawasan Trans Studio di komplek Bandung Super Mall (BSM), Jalan Gatot Subroto, Bandung. Selain pembangunan mega kawasan Trans Studio, Trans Corp juga membangun dua hotel berbintang enam, yakni Trans Hotel dan Ibis Hotel. Serta penataan ulang Bandung Super Mall (BSM) menjadi wajah baru yang lebih elegan.
Untuk meresmikan pembangunan tersebut, Trans Corp menggelar Toping Off Trans Studio Bandung Preview of New Bandung Super Mall, Trans and Isis Hotel, di kawasan Bandung Super Mall, Jumat,8 April 2011 lalu.Menurut informasi yang saya terima Trans dan Isis hotel mempunyai ketinggian masing-masing 22 lantai dan 17 lantai.Diperkirakan dengan adanya 2 hotel tersebut akan memiliki total sekitar seribu kamar hotel.
Dalam kesempatan ini juga Trans Corp melakukan MoU dengan sembilan media lokal cetak dan elektronik, yang dilanjutkan dengan penanaman paku emas di atap gedung oleh CEO Para Group, Chairul Tanjung, sebagai simbol selesainya pembangunan gedung Trans Studio.Trans Studio Bandung yang juga merupakan Trans Studio kedua setelah Makassar dibangun di atas lahan seluas sepuluh hektar, dengan puluhan permainan serta pertunjukkan. Trans Corp akan membangun kurang lebih 20 wahana permainan kelas dunia di atas lahan seluas sepuluh hektar, seperti Giant Swing, 4D Simulator, pertunjukkan sirkus yang mendatangkan sirkus dari Rusia. Di dalam Trans Studio Bandung akan dibangun Roller Coaster terbesar di dunia, yang hanya ada di tiga kawasan permainan di dunia, salah salah satunya Bandung, yakni Yamaha Racing Coaster.
Salah satu perwakilan dari Trans Corp mengatakan, meskipun konsep dan karakter sama dengan Trans Studio Makassar, namun target umur Trans Studio Bandung lebih kepada usia dewasa jika dibandingkan dengan Trans Studio Makassar. Hal ini terbukti dengan mayoritas wahana permainan yang ada di Trans Studio Bandung tampak lebih ekstrim daripada Trans Studio Makassar.
Ternyata investasi untuk Trans Studio Bandung lebih besar jika dibandingkan dengan Trans Studio Makassar, bukan hanya itu seluruh wahana pun dilengkapi oleh standar keselamatan serta asuransi bagi para pengunjung. Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Utama Trans Studio, Budiman Wijaya, yang mengatakan, pihaknya telah memberlakukan zero accident dalam Trans Studio Makassar, dan zero accident pun akan tetap diberlakukan di Trans Studio Bandung.
“Safety merupakan unsur utama yang kami terapkan dalam perusahaan, dan setelah diterapkan di Trans Studio Makassar akan tetap diterapkan di Trans Studio Bandung,” terangnya.
Sementara untuk tingkat kemacetan yang bisa dipastikan akan terjadi di kawasan Jalan Gatot Subroto setelah adanya Trans Studio serta dua hotel berbintang di kawasan tersebut, Direktur Utama Para Bandung Propertindo, Wibowo Iman mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan aparat terkait untuk mengelola jalan, mengurangi dan menghindari angka kemacetan di kawasan tersebut. Meskipun dirinya tidak menyangkal kemacetan di kawasan tersebut bisa meningkat ketika Trans Studio mulai dibuka.
“Kemacetan di kawasan tersebut memang tidak bisa dihindari terutama pada awal dibukanya Trans Studio sebagai wahana permainan terbaru dan terbesar yang ada, semua orang pasti penasaran dan berbondong-bondong datang ke BSM untuk mencari tahu, namun kami sudah mengantisipasi hal tersebut dengan baik agar kedepannya bisa mengurangi angka kemacetan yang terjadi,” katanya.
Dengan adanya Trans Studio yang dilengkapi dengan seribu kamar hotel bintang tiga maupun bintang enam, diharapkan akan menjadi MICE (Meeting Incentive, Convention, and Exhibition) center terbesar di Asia Tenggara, yang diharapkan bisa mendorong wisatawan Asia Tenggara untuk datang ke Trans Studio Bandung yang akan mulai dibuka pada bulan Juni mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar