Senin, 07 Maret 2011

TRIK MEMBUAT SHUTDOWN AUTOMATIS TANPA TOOLS PADA WINDOWS 7

Terkadang kita mungkin pernah lupa mematikan computer karena terburu-buru atau karena tertidur,Oleh karena itu saya akan membagikan trik bagaimana membuat shutdown automatis pada windows 7 tanpa tools atau software apapun kecuali melalui Command Prompt.Bagi Anda yang terbiasa mencoba tsshutdn yang biasanya berfungsi pada xp maka cara tidak akan berfungsi pada Windows 7 karena Windows 7 memiliki kernel yang berbeda dengan Windows XP.
Kita akan menggunakan Command Prompt dalam melakukan perintah ini,untuk itu buka Command Prompt anda terlebih dahulu. Nah, dalam Windows 7 perintah yang digunakan untuk melakukan shutdown dengan Command Prompt adalah shutdown, tapi tunggu dulu, perintah itu hanya akan berfungsi jika diikuti oleh attribut yang ada. Jika kita hanya menuliskan perintah shutdown saja maka yang terjadi hanyalah muncul atribut – atribut beserta penjelasannya, seperti gambar berikut :


Jika Anda ingin menjalankan perintah shutdown dengan benar dan sesuai fungsinya maka harus diikuti oleh attribut yang ada. Misalnya coba anda masukkan perintah shutdown /s maka yang terjadi adalah Windows anda akan memunculkan kotak peringatan yang memberitahukan bahwa komputer akan mati dalam waktu kurang dari 1 menit


Atribut /s berfungsi untuk melakukan shutdown. Selain itu ada Attribut /t yang berguna sebagai timer. Seperti yang lainnya, timer di Windows 7 memakai detik. Jika kita ingin mengaktifkan timer dalam 1 jam (3600 detik) berarti ditulis dengan /t 3600.
Dalam penggunaan agar komputer melakukan shutdown sesuai waktu yang kita inginkan, kita bisa menambahkan atribut /t, seperti ini
shutdown /s /t 3000
Maka pada pojok kanan bawah Kita akan melihat ada pemberitahuan bahwa komputer akan mati dalam waktu yang kita inginkan


**catatan
Kita juga dapat menambahkan atribut lain yang sangat berguna, seperti contoh atribut /f yang berfungsi untuk menutup secara program yang tidak bisa ditutup sehingga menghalagi komputer untuk melakukan shutdown. contoh penggunaannya seperti berikut :
shutdown /s /f /t 3000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar